RSS

PERAWATAN BIBIT LELE

Setelah larva menetas tidak perlu diberi makan selama ±2 hari, dikarenakan larva tersebut masih menyimpan cadangan makanan berupa kuning telur yang terdapat dalam perutnya. Beri makanan setelah cadangan makan pada larva lele habis, lele yang masih kecil (stadium larva) tersebut diberi pakan berupa cacing sutera (tubifex sp.) selama  ±14 hari.

Pemberian Pakan Pada Bibit Lele

Setelah bibit lele berumur 15 hari barulah kita dapat memberikan pakan buatan (pelet), untuk lele berukuran 1-2 cm bisa diberikan pakan PSC atau lebih bagus di beri pakan udang DO-A, akan tetapi pelet ini bersifat tenggelam maka diperlukan kehati-hatian agar tidak berlebih dalam memberikan pakan PSC ataupun DO-A, pakan yang tenggelam dan tidak termakan oleh bibit akan terakumulasi di dasar kolam sehingga dapat mempercepat turunnya kualitas air sebagai akibat bertambahnya jumlah amonia yang bersifat racun bagi bibit lele itu sendiri. Setelah bibit berukuran 2-3 cm diberikan pakan F999 atau PF 1000 hingga bibit lele berukuran 4-6 cm atau siap tebar.

Seleksi

Pertumbuhan bibit lele umumnya tidak seragam, lele yang tumbuh lebih cepat atau lebih besar dari yang lainnya akan memakan lele yang ukuranya lebih kecil di bawahnya, untuk menghindari sifat kanibal dari lele tersebut maka diperlukan seleksi pada setiap ukuran lele, seleksi lele biasanya dilakukan dengan bantuan ember seleksi yang memiliki lubang dengan ukuran tertentu. Seleksi pada bibit lele sebaiknya dilakukan minimal 2 minggu sekali.

Pergantian Air

Pada perawatan bibit lele diperlukan pergantian air secara berkala minimal setiap 2 minggu sekali, atau fleksibel tergantung dari kondisi air. Apabila pada permukaan air terdapat lumut maka air harus diganti sesegera mungkin. Biasanya untuk seleksi dan pergantian air dilakukan secara bersamaan.

Penebaran Benih

Penebaran  benih  sebaiknya  dilakukan  pada  pagi  atau  sore  hari  atau  pada saat  udara  tidak  panas.  Sebelum  ditebarkan  ke  kolam,  benih  diaklimatisasi  dulu (perlakuan  penyesuaian  suhu)  dengan  cara  memasukan  air  kolam  sedikit  demi sedikit ke dalam wadah pengangkut benih. Benih yang  sudah  teraklimatisasi akan dengan sendirinya keluar dari kantong (wadah) angkut benih menuju lingkungan  yang  baru  yaitu  kolam.  hal  ini  berarti  bahwa  perlakuan  tersebut dilaksanakan  diatas  permukaan  air  kolam  dimana  wadah  (kantong)  benih mengapung  diatas  air.  Jumlah  benih  yang  ditebar  50-80 ekor/m3 yang  berukuran 5-7 cm. sebagai gambaran kolam berukuran 3×4 m dengan ketinggian 0.75-1 m idealnya mampu menampung lele sebanyak seribu ekor hingga ukuran siap panen.

Pemberian Pakan

Selain  makanan  alami,  untuk  mempercepat  pertumbuhan  ikan  lele  perlu pemberian  makanan  tambahan  berupa  pellet.  Jumlah  makanan  yang  diberikan sebanyak 2-5% perhari dari berat  total  ikan yang ditebarkan di kolam. Pemberian pakan  frekuensinya  3-4  kali  setiap  hari.  Pemberian pakan dapat diberikan pakan buatan atau pelet F-781 atau di berikan pakan alternatif seperti jeroan ikan atau jeroan ayam

 

 

24 responses to “PERAWATAN BIBIT LELE

  1. abdul wahab assya'oni

    Oktober 9, 2011 at 3:03 pm

    untuk kolam yang di tembok sampingnya,apakah bagus jg untuk perkembangan lele tersebut,sehingga air tidak bisa ruti untuk diganti????

     
    • luluk

      Desember 23, 2011 at 6:13 am

      untuk pembibitan justru lebih bagus menggunakan kolam tembok, tetapi untuk pembesaran lebih baik kolam dengan dasar tanah,
      fungsi dari kolam yang ditembok sampingnya (sistem talut) adalah menhindari rembesan air ke samping, untuk kolam tanah sebaiknya tanah bertekstur tanah liat, jangan tanah berpasir,
      hal ini dikarenakan tanah liat memiliki mutan padatan tersuspensi (MPT) yang lebih besar sehingga mampu mengendapkan dan mengikat kotoran yang ada di dasar kolam

       
  2. Zudi

    Desember 15, 2011 at 1:45 am

    Bgm merawat bibit lele dumbo umur 1-10 hari cz wkt tersebut adalah rentan kematian scr masal?

     
    • luluk

      Desember 21, 2011 at 3:33 pm

      tips beri pakan cacing sutera hidup mualai usia 2 hari sampai usia 14 hari,
      selanjutnya beri pakan udang D0-A, pakan udang mempunyai kelebihan antara lain airnya tidak cepat kotor, setelah usia 3 mingguan atau ukuran 3-4 bisa diberi pakan F-999 atau PF-1000

       
  3. megan mahmud

    Desember 27, 2011 at 12:53 am

    Saya memfokuskan usaha pada
    pembenihan bibit lele sangkuriang.
    Bagi yang membutuhkan bibit lele
    sangkuriang. Untuk wilayah Solo dan
    sekitarnya saya antar gratis. Bibit
    berkualitas karena dari indukan
    bersertifikat dari BBAT. Kami siap
    membantu Anda sukses dalam
    berternak lele. Konsultasi gratis.
    Saya tidak menjual bibit saja. Bibit
    yg saya kirim. Bila sudah panen akan
    saya beli bila Anda kesulitan
    menjual. Hub 085642057643
    alamat Ngablak Rt/Rw 03/06,
    Karangmojo, Tasikmadu,
    Karanganyar, Solo

     
  4. yhantie

    Februari 22, 2012 at 1:05 am

    kenapa ya mas, bibit lele saya kok mati padahal saya baru beli seminggu. dari 3 hari beli ikan lele mati sedikit2 eh, semakin kedepan semakin banyak. jenis lele yg saya beli lele sangkuriang, saya rawat dikolam tembok dan saya beri makan pf 1000 3 x sehari. bagai mana y mas solusinya? oia hari minggu kemaren padahal saya sudah mengganti air dan mensotir ikan lele nya loh mas. jadi heran saya. sudah mencapai 50 % lagi dari bibit lele saya.

     
    • luluk

      Februari 22, 2012 at 7:49 am

      itu mungkin berasal dari indukan yang kurang bagus, sehingga benihnya mudah mati dan gampang terkena penyakit,. mungkin juga stress akibat perpindahan tempat, jdi sedikit2 mati,..Mungkin solusinya pindah aja ikannya ke kolam yang agak panas,. (terkena sinar matahari langsung)..

       
  5. yatno

    Februari 29, 2012 at 1:17 pm

    saya pemula alhamdulillah lele ternakku sehat doa kan sukses ya,,,sekarang yg dipikirkan harus dijual kemana ni lele

     
    • luluk

      Maret 4, 2012 at 9:01 am

      daerah mana mas?mngkin kalo untuk skala kecil bisa di jual lngsng ke pasar,.

       
  6. sigid yulianto

    Februari 29, 2012 at 6:25 pm

    saya memijahkan lele dan sudah menetas, tetapi pada usia 3-4 hari penetasan atau masih larva pada mati. bagaimana cara mengatasi / mengurangi kematian?? trima kasih atas jawabannya.

     
    • luluk

      Maret 4, 2012 at 9:03 am

      umur 3-4 hari udah di kasih cacing sutera lum mas,. maksimal umur 3 hari (kalau ikan sudah mulai menyebar) berarti tanda ikan segera di kasih cacing sutera,. kalau hal itu sudah dilakukan, berarti kualitas induknya yang kurang bagus

       
  7. Grecee

    Maret 1, 2012 at 2:54 am

    mas ada yang tau ndak klo mau beli Hiprovite Merk 781 dimana ya.. makasih infonya

     
    • luluk

      Maret 4, 2012 at 9:05 am

      daerah mana mbak,. kalau di daerah semarang bisa didapatkan di toko poultry Bamboo (perempatan SMP 2),.

       
  8. Flandrhin Zanetto

    Maret 16, 2012 at 4:22 am

    saya mempunyai kolam dengan ukuran 3×2,5 kra2 brapa bi2t yg bisa sya plhara mas…?
    kolam saya trbuat dari tnah liat dan air ny sdah brwrnah hjau, itu brmsala gag buat bi2t lele mas?
    tlong info ny ya mas
    mkasi…

     
    • luluk

      Maret 16, 2012 at 5:59 am

      untuk permulaan diisi sekitar 1500 ekor dulu,. nanti kalau udah mulai tahu tentang cara pemeliharaanya bisa ditingkatkan kepadatannya,.

       
  9. saiful

    Maret 29, 2012 at 5:58 pm

    mas tau ngak cara budiya cacing sutra..?

     
    • luluk

      Juni 18, 2012 at 3:39 pm

      budidaya cacing sutera di kolam yang mengalir/sirkulasi menggunakan waterpump,.
      dasar kolam diberi tanah dicampur dengan kotoran ayam, tanah jenis lumpur/liat 80% kotoran ayam 20%, ketinggian tanah+kotoran ayam kurang lebih 10cm ketinggian air 10-15cm,.
      jika kolam sudah siap sebarkan cacing sutera secukupnya,
      tambahkan kotoran ayam setiap 2 minggu sekali,.

       
  10. Manose Edy Sunaryo

    Mei 29, 2012 at 11:21 am

    mas saya budidaya lele,mo ikuttan gabung

     
    • luluk

      Juni 18, 2012 at 3:25 pm

      Oke silakan gabung,. mari kita belajar bersama,.

       
  11. amar khan

    Juni 21, 2012 at 3:06 am

    Saya pemula, kemarin tgl 15-6-2012 sy bl bibit ukurn 4-6 dgn jumlah 4000 sy taruh d kolam terpal dngn ukuran 2,6 x 4,6 x 1m. Mulai dr penebaran benih smpe 3 hari ikan dlm keadaan sehat, mulai hari ke 4 sampe skrg ikan mulai mati dngn jmlh yg sngt besar.
    tlng penjelasanY mas n mksh sblmY.

     
    • luluk

      Juni 24, 2012 at 3:35 pm

      1. perhatikan terlebih dahulu faktor eksternal,
      suhu, bagaimana dengan suhunya? untuk lele ukuran 4-6 sebaiknya kolam dalam keadaan terbuka dan terkena sinar matahari secara langsung,karena lele akan menggantung jika suhunya dingin, nafsu makan juga berkurang,.
      2. air, bagaimana dengan airnya? klo menurut saya air tidak bermasalah karena sudah 4 hari, apakah ada air hujan yang masuk kedalam kolam dalam jumlah yang besar? air hujan dapat mengakibatkan perubahan pH secara signifikan,
      3. pemberian pakan, apakah terjadi pemberian pakan yang berlebihan? pemberian pakan berlebihan dapat mengakibatkan air keruh, sisa pakan yang mengendap dapat menimbulkan amoniac di dasar kolam.

       
  12. indra

    Juni 30, 2012 at 3:33 pm

    mas q baru memulai usaha lele, mau tanya lele di beri pakan alternatif mulai hari ke berapa / ukuran berapa ?

     
    • luluk

      Juli 3, 2012 at 4:33 am

      tergantung dari pakan alternatifnya apa dulu?
      klo pakan seperti roti busuk bisa di berikan pada saat ukuran 4-6 ke atas, klo d beri ayam mati sebaiknya ukuran 7-9 ke atas atau remaja, ayam sebaiknya di bakar terlebih dahulu

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: